Gembira Loka Zoo yang merupakan salah satu sektor pariwisata
Yogyakarta yang juga merasakan krisis akibat bencana alam ini pada saat
tahun 2010. Salah satu tempat wisata andalan yang berlokasi di
Jalan Kebun Raya Nomor 2 Yogyakarta 55171, sempat mengalami penurunan jumlah
pengunjung. Penurunan jumlah pengunjung yang disebabkan oleh erupsi Gunung
Merapi yang meletus pada Tahun 2010. Dapat disimpulkan bahwa pada bulan
September 2010 pengunjuk sebanyak 140.000 orang, Oktober 2010 55.000 orang dan
November 2010 sebanyak 20.000 orang.
Dari data yang di atas, dapat terlihat adanya penurunan jumlah
pengunjung terhitung dari bulan Oktober 2010. Erupsi merapi yang terjadi dipada
bulan September hingga Oktober ini sedikitnya memang berdampak bagi Gembira
Loka Zoo. Pada bulan September 2010 jumlah pengunjung Gembira Loka Zoo mencapai
angka 136.205 orang. Di bulan Oktober di mana erupsi masih terjadi jumlah
pengunjung menurun hingga 53.238 orang. Walaupun erupsi merapi sudah mereda
namun efek yang ditimbul kan masih berdampak. Hal ini terlihat dengan semakin
menurunnya jumlah pengunjung hingga 19.967 jiwa. Baru dibulan Desember, usaha
pengembalian citra yang dilakukan Gembira Loka
Zoo membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya
jumlah pengunjung hingga 88.732 jiwa dan tetap dipertahankan hingga awal tahun
2011.
Kenaikan jumlah pengunjung Gembira Loka Zoo, pada bulan November
sebanyak 20.000 orang, Desember sebanyak 2010 dan bulan Januari 2011 sebanyak
80.000 orang. Melihat data yang tersebut, dapat terlilhat adanya
usaha pemulihan yang dilakukan oleh pihak Gembira Loka Zoo. Hal
ini lebih terlihat dalam perbandingan jumlah pengunjung pada tahun dimana
bencana itu terjadi yaitu tahun 2010 dengan tahun 2011. Pada tahun 2010 jumlah
pengunjung yang datang sebanyak 888.376 orang. Sedangkan pada tahun 2011
pengunjung yang datang ke Gembira Loka Zoo meningkat menjadi 1.198.800 orang.
Sebagai teknisi, Humas Gembira Loka Zoo selalu melakukan kontak
dengan media massa guna memberikan informasi mengenai Gembira Loka Zoo dengan
tujuan publikasi agar krisis yang terjadi cepat terselesaikan. Selain itu Humas
Gembira Loka Zoo juga melakukan event-event spesial seperti mengundang anak –
anak korban bencana alam Erupsi Gunung Merapi untuk berkunjung ke Gembira Loka
Zoo.
Sebagai manajer, Humas Gembira Loka Zoo juga membantu kegiatan–
kegiatan organisasi dalam mengidentifikasikan dan memecahkan masalah. Mengenai
hsl ini, Humas Gembira Loka Zoo ikut menentukan media mana yang efektif dalam
mempublikasikan Gembira Loka Zoo
sehingga krisis yang disebabkan erupsi merapi tahun 2010 cepat
diselesaikan. Seluruh kegiatan yang dilakukan Humas Gembira Loka Zoo bertujuan
untuk mengembalikan citra Gembira Loka Zoo sehingga meningkatkan jumlah
pengunjung.
Untuk terus meningkatkan kualitas Gembira Loka Zoo, Humas Gembira
Loka bekerja sama dengan pihak–pihak terkait selau melakukan
pembenahan dan peningkatan fasilitas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Humas
Gembira Loka Zoo telah mampu mengembalikan citra perusahaan. Upaya – upaya yang
dilakukan oleh Humas Gembira Loka Zoo
untuk mengembalikan citra perusahaan dinilai berhasil, hal ini
dibuktikan dengan bertambahnya angka pengunjung, yang merupakan tolak ukur
pengembalian citra perusahaan.
SUMBER:
https://pralitaputrinoviari.wordpress.com/2015/11/24/krisis-manajemen-akibat-bencana-alam/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar